PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENGONSTRUKSI INFORMASI DALAM TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Nurhalimah, Neni Siti (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENGONSTRUKSI INFORMASI DALAM TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text
6. Daftar isi.pdf

Download (287kB)
[img] Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text
8. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (470kB)
[img] Text
9. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text
10. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
11. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Neni Siti Nurhalimah. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Mengonstruksi Informasi dalam Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MIA 3 MAN 3 Tasikamalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kompetensi Dasar (KD) yang harus dicapai oleh peserta didik kelas XI MAN 3 Tasikmalaya, yaitu mengidentifikasi informasi dan mengonstruksi informasi dalam teks eksplanasi. Namun pada kenyataannya, masih banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam mengatasi permasalahan ini, penulis melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas XI MIA 3 MAN 3 Tasikmalaya dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Group Investigation meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan mengonstruksi informasi dalam teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MIA 3 MAN 3 Tasikmalaya. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik yang penulis gunakan adalah teknik observasi, wawancara, serta tes. Penelitian yang penulis lakukan sebanyak dua siklus. Tahapannya yaitu perencanaan tindakan, observasi dan evaluasi (proses dan hasil tindakan), refleksi, dan seterusnya sampai tercapai peningkatan hasil belajar yang diharapkan. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus I kompetensi pengetahuan terdapat 4 (15%) peserta didik mencapai KKM dan 23 (85%) peserta didik belum mencapai KKM. Pada siklus II seluruh peserta (100%) telah mencapai KKM. Kemudian pada kompetensi keterampilan siklus I hanya 5 peserta didik (18%) yang mencapai KKM dan 22 (81%) peserta didik belum mencapai KKM. Pada siklus II seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal KKM yang ditetapkan yaitu 78. Peningkatan KKM dari siklus I ke siklus II penulis uji statistik menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil Uji Wilcoxon diketahui bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01) (81,8) untuk kompetensi dasar 3.3 dan 3.4. Artinya, model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan mengonstruksi informasi dalam teks eksplanasi. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:46
Last Modified: 14 Mar 2022 01:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5053

Actions (login required)

View Item View Item