ENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Salawu Tahun Ajaran 2018/2019)

Hartina, Mia (2019) ENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Salawu Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER SKRIPSI, BAB 1-5, DAFTAR PUSTAKA, RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (543kB)

Abstract

ABSTRAK Mia Hartina. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Menelaah Unsur-unsur dan Kebahasaan serta Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Salawu Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. 3.12 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar, dan 4.12 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi. Merupakan Kompetensi Dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Salawu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan signifikansi pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan peserta didik dalam menelaah unsur-unsur dan kebahasaan serta menulis surat pribadi dan surat dinas untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Salawu tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Salawu tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan penelitian, nilai rata-rata peserta didik pada Kompetensi Dasar menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat pribadi dan surat dinas pada kelas eksperimen diperoleh nilai 60,44 (Pretest) dan 85,88 (Postest). Pada kelas kontrol diperoleh nilai 52.44 (Pretest) dan 62,92 (Postest). Nilai rata-rata peserta didik Kompetensi Dasar menulis surat pribadi dan surat dinas pada kelas eksperimen 72,59 (pretest) dan 89,92 (postest). Nilai rata-rata pada kelas kontrol 72,25 (pretest) dan 82.29 (postest). Berdasarkan uji wilcoxon, diperoleh W-hitung (0) < W -tabel (82,98) pada kemampuan menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat pribadi dan surat dinas, serta diperoleh hasil W-hitung = (0) < W -tabel (82,98) pada kemampuan menulis surat pribadi dan surat dinas dengan jumlah peserta didik sebanyak 27. Artinya, model Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah unsur-unsur dan kebahasaan serta menulis surat pribadi dan surat dinas pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Salawu tahun ajaran 2018/2019. Namun, model Cooperative Learning pada kelas kontrol tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah unsur-unsur dan kebahasaan serta menulis surat pribadi dan surat dinas pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Salawu tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:40
Last Modified: 04 Mar 2022 03:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4942

Actions (login required)

View Item View Item