KHOMSYAH, ARIFAH NURSYABANI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi kuasi Eksperimen pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Terpadu Riyadlul Ulum Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (158kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf Download (275kB) |
|
Text
5.BAB I.pdf Download (292kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (488kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (943kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
Abstract
Arifah Nursya bani .2021. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi kuasi Eksperimen pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Terpadu Riyadlul Ulum Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya dibawah bimbingan H.Yoni Hermawan, M.Pd dan Ati Sadiah, S. Pd., M. Pd. Masalah dalam penelitian dimana masih rendahnya hasil belajar siswa pada siswa kelas XI IPS di SMA Terpadu Riyadlul Ulum kota Tasikmalaya, hal ini terindikasikan karena adanya ketidaktepatan dalam proses pembelajaran, indikasi tersebut dikarenakan penggunaan model Pembelajaran Langsung yang diterapkan oleh guru pada mata pelajaran, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini akan menggunakan Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan design berbentuk kelompok kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampling merupakan Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPS SMA Terpadu Riyadlul Ulum kota Tasikmalaya dimana total siswanya 63 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam sampel ini independent sample t test untuk menguji hasil belajar siswa. diketahui hasil belajar siswa nilai sig < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Serta dilihat juga untuk hasil belajar didapatkan tingkat efektifitasnya sebesar 46% dalam penggunaan model Discovery Learning. Sedangkan dalam penggunaan model Pembelajaran Langsung (ceramah) dalam hal ini mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar karena didapatkan juga dengan pengujian sample t-test dimana nilai sig terhadapnya < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar, Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 04:02 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 04:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4911 |
Actions (login required)
View Item |