PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIRTUAL TOUR BERBANTUAN E-HANDOUT PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TAHUN 1945 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 6 SMAN 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/ 2021

Hikmawan, Reza (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIRTUAL TOUR BERBANTUAN E-HANDOUT PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TAHUN 1945 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 6 SMAN 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/ 2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
5. Abstrak-Abstract.pdf

Download (10kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (5kB)
[img] Text
7. Daftar isi-Daftar lampiran.pdf

Download (168kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (145kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (195kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
13. Daftar Sumber.pdf

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK REZA HIKMAWAN. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIRTUAL TOUR BERBANTUAN E-HANDOUT PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TAHUN 1945 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 6 SMAN 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/ 2021. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media virtual tour berbantuan e-handout pada pembelajaran sejarah materi proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945 terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 6 SMAN 2 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2020/ 2021 pada sistem pembelajaran daring. Pembelajaran daring menuntut guru untuk memberikan materi dengan keterbatasan yang ada, sehingga motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik mengalami penurunan. Penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran daring diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pre-eksperimen dengan pendekatan kuantitaif. Desain yang digunakan adalah one-shot case study dengan memberikan post test setelah perlakuan tanpa tes awal dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA dan sampelnya yaitu kelas XI MIPA 6. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes berupa uraian, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan, bahwa nilai rata-rata kelas setelah perlakuan meningkat sebesar 4,08. Hasil uji hipotesis Wilcoxon menjelaskan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) 0,007 yang diperoleh kurang dari 0,05 yang merupakan batas kritis signifikansi, sehingga disimpulkan bahwa tmedia virtual tour berbantuan e�handout berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 6 khususnya pada kemampuan memahami dan menganalisis materi proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Kata Kunci: Media Virtual Tour, E-Handout, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:11
Last Modified: 10 Feb 2022 02:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4585

Actions (login required)

View Item View Item