Triyanasari, Novita (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. JUDUL SKRIPSI vita.pdf Download (40kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN vita.pdf Download (149kB) |
|
Text
ABSTRAK BISMILLAH vita.pdf Download (260kB) |
|
Text
DAFTAR ISI vita.pdf Download (243kB) |
|
Text
bab 1 revisi fixx.pdf Download (289kB) |
|
Text
fixxxxxxx bab 2 proposal revisi.pdf Download (388kB) |
|
Text
4. BAB 3 BISMILLAH VITA.pdf Download (591kB) |
|
Text
4. BAB 4 KU SAYANG Vita.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB 5 FIX vita.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
DAPUSKU vita.pdf Download (248kB) |
Abstract
ABSTRAK Novita Triyanasari. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Dan Menceritakan Kembali Isi Teks Fabel (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Siliwangi Tasikmalaya. Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII semester 2 adalah KD 3.15 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar dan KD 4.15 Menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat. Rumusan masalah penelitian ini adalah ”berpengaruh secara signifikankah model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks fabel kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan data penelitian, diketahui bahwa nilai rata-rata tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk KD 3.15 mencapai angka 54,56 dan 80,41 dan untuk KD 4.15 mencapai angka 56,61 dan 83,20 sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori untuk KD 3.15 mencapai angka 47 dan 73,58, dan untuk KD 4.15 mencapai angka 48,71 dan 78,48. Dengan demikian, nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa Whitung = 0 <Wtabel =116,56 Artinya model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kemballi teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 01:05 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 01:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4192 |
Actions (login required)
View Item |