Patmawati, Rika (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENGONSTRUKSI INFORMASI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA AL-Mukrom Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover_ KAta Pengantar Fix 2018.pdf Download (325kB) |
|
Text
LEMBAR-PENGESAHAN-1.pdf Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (421kB) |
|
Text
BAB I fIX 2018.pdf Download (446kB) |
|
Text
BAB II Fix 2018.pdf Download (677kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (757kB) |
|
Text
BAB IV Fix 2019 (Autosaved).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V Fix 2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
Abstract
ABSTRAK Rika Patmawati, 2019, Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Mengonstruksi Informasi Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model Group Investigation (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA AL-Mukrom Bojonggambir Kabupaten Tasikamalaya Tahun ajaran 2018/2019), Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikamalaya. Dalam Kurikulum 2013 revisi dinyatakan bahwa mengidentifikasi dan mengonstruksi teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus diketahui oleh peserta didik kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan peserta didik kelas XI SMA AL-Mukrom Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 dalam mengidentifikasi dan mengonstruksi Informasi teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), pedoman observasi, pedoman wawancara, dan soal serta pedoman penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar pada pertemuan pertama siklus kesatu yaitu pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi terdapat 8 orang (26%) peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 15 orang (74%) sudah mencapai KKM, sedangkan pada pertemuan kedua siklus kesatu yaitu pembelajaran mengonstruksi informasi teks eksplanasi terdapat 9 orang (48%) peserta didik yang belum mencapai KKM, dan 14 orang (52%) sudah mencapai KKM. Pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua siklus kedua dalam pembelajaran mengidentifikasi dan mengonstruksi informasi teks eksplanasi seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini terbukti kebenarannya, yaitu model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan mengonstruksi informasi teks eksplanasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 00:56 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 00:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4149 |
Actions (login required)
View Item |