Maulana, Ikhsan Taufik (2019) ANALISIS UNSUR INTRINSIK TEKS DRAMA DALAM BUKU KUMPULAN TEKS DRAMA “TEATER DALAM DEMOKRASI-DEMOKRASI DALAM TEATER” SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER, PENGESAHAN,DAFTAR ISI.pdf Download (357kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
Abstract
ABSTRAK Ikhsan Taufik Maulana. 2019. Analisis Unsur Intrinsik Teks Drama dalam Buku Kumpulan Teks Drama “Teater Dalam Demokrasi�Demokrasi Dalam Teater” sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Drama pada Siswa Kelas XI SMA. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur-unsur intrinsik teks drama yang terdapat dalam buku kumpulan teks drama yang berjudul “Teater dalam Demokrasi-Demokrasi dalam Teater”, (2) keterkaitan antar unsur intrinsik, serta (3) keterkaitan dengan kriteria bahan ajar sastra pada siswa kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini adalah naskah drama dari kumpulan naskah drama yang berjudul “Teater dalam Demokrasi-Demokrasi dalam Teater”. Di dalam kumpulan naskah drama tersebut terdapat enam naskah drama. Naskah-naskah tersebut diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 2001 dan kumpulan naskah drama tersebut merupakan hasil dari sayembara kepenulisan naskah drama yang diselenggarakan oleh Yayasan Friedrich Naumann Stiftung German yang bekerjasama dengan Goethe Institut Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif analisis dengan penedekatan objektif melalui analisis struktural. Data deskriptif diperoleh melalui teknik baca dan catat. Selain itu penulis menggunakan teknik penelitian studi pustaka dan teknik analisis wacana. Hasil penelitian adalah dari enam naskah drama yang terdapat dalam kumpulan naskah drama yang berjudul “Teater dalam Demokrasi-Demokrasi dalam Teater” terdapat dua naskah drama yang cocok untuk dijadikan bahan ajar drama untuk siswa kelas XI SMA. Dua naskah tersebut merupakan hasil dari Judgment Expert dari Guru-guru SMA/SMK di wilayah kota Tasikmalaya dan dari enam naskah yang terdapat dalan kumpulan naskah tersebut penulis menganalisis dua naskah yang direkomendasikan oleh Judgment Expert. Dua naskah tersebut adalah (1) Banpol (Banyolan Politik) atau Keroncong Demokrasi Dua (karya Yusef Muldiyana), dan (2) Reformasi dalam Kacamata Kaki Lima karya Dedy Koral. Penulis menganalisis unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam naskah drama yang meliputi alur, tokoh dan penokohan, latar, dialog, dan tema. Serta keterkaitan antar unsur atau analisis struktural, dan keterkaitan dengan kriteria bahan ajar drama di sekolah SMA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 07:37 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 07:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4115 |
Actions (login required)
View Item |