ANALISIS BERPIKIR METAFORIS (METAPHORICAL THINKING) PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

HILAL, SAMSUL (2020) ANALISIS BERPIKIR METAFORIS (METAPHORICAL THINKING) PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (171kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (709kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

ABSTRAK SAMSUL HILAL. 2020. Analisis Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Peserta Didik ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berpikir metaforis peserta didik ditinjau dari kemampuan penalaran matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 20 Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian eksplorasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah berupa tes dan wawancara. Pemilihan subjek dilakukan dengan mengambil masing-masing satu orang peserta didik dari klasifikasi kemampuan penalaran matematis yaitu penalaran deduktif, induktif dan adaptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Peserta didik dengan penalaran deduktif dapat memenuhi semua indikator pada proses Connect, Relate, Explore, Analyze dan Experience, tetapi pada proses Transform, tidak dapat menafsirkan dan menyimpulkan informasi berdasarkan apa yang sudah dikerjakan. (2) Peserta didik dengan penalaran induktif dapat memenuhi semua indikator pada proses Connect, Analyze dan Experience, tetapi pada proses Relate, Explore dan Transform, mengalami kesulitan untuk menjelaskan hubungan antara permasalahan dengan konsep persamaan linear satu variabel dan mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan kesamaan antara konsep tersebut dengan timbangan serta tidak dapat menafsirkan dan menyimpulkan informasi berdasarkan apa yang sudah dikerjakan. (3) Peserta didik dengan penalaran adaptif dapat memenuhi semua indikator pada proses berpikir metaforis yaitu Connect, Relate, Explore, Analyze, Transform dan Experience. Kata kunci: Berpikir metaforis, kemampuan penalaran matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:39
Last Modified: 27 Dec 2021 04:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3730

Actions (login required)

View Item View Item