HILAL, SAMSUL (2020) ANALISIS BERPIKIR METAFORIS (METAPHORICAL THINKING) PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (171kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (94kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (96kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (240kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (709kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (248kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
Abstract
ABSTRAK SAMSUL HILAL. 2020. Analisis Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Peserta Didik ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berpikir metaforis peserta didik ditinjau dari kemampuan penalaran matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 20 Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian eksplorasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah berupa tes dan wawancara. Pemilihan subjek dilakukan dengan mengambil masing-masing satu orang peserta didik dari klasifikasi kemampuan penalaran matematis yaitu penalaran deduktif, induktif dan adaptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Peserta didik dengan penalaran deduktif dapat memenuhi semua indikator pada proses Connect, Relate, Explore, Analyze dan Experience, tetapi pada proses Transform, tidak dapat menafsirkan dan menyimpulkan informasi berdasarkan apa yang sudah dikerjakan. (2) Peserta didik dengan penalaran induktif dapat memenuhi semua indikator pada proses Connect, Analyze dan Experience, tetapi pada proses Relate, Explore dan Transform, mengalami kesulitan untuk menjelaskan hubungan antara permasalahan dengan konsep persamaan linear satu variabel dan mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan kesamaan antara konsep tersebut dengan timbangan serta tidak dapat menafsirkan dan menyimpulkan informasi berdasarkan apa yang sudah dikerjakan. (3) Peserta didik dengan penalaran adaptif dapat memenuhi semua indikator pada proses berpikir metaforis yaitu Connect, Relate, Explore, Analyze, Transform dan Experience. Kata kunci: Berpikir metaforis, kemampuan penalaran matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 04:39 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 04:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3730 |
Actions (login required)
View Item |