AIDI, SHELA HANAFIAH (2020) FRAMING MEDIA DALAM KAMPANYE POLITIK JOKO WIDODO PADA PEMILIHAN PRESIDEN INDONESIA TAHUN 2019 (Analisis Media Online Detik.com dan Kompas.com). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (171kB) |
|
Text
Disahkan ttd.pdf Download (250kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (259kB) |
|
Text
Daftar isi (2).pdf Download (154kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (286kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (333kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (303kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “FRAMING MEDIA DALAM KAMPANYE POLITIK JOKO WIDODO PADA PEMILIHAN PRESIDEN INDONESIA TAHUN 2019 (Analisis Media Online Detik.com dan Kompas.com)”. Peneliti meneliti kampanye politik Jokowi dalam Media Online Kompas.com dan Detik.com. Dimana dalam headline dari kedua media online tersebut terdapat keberpihakan yang sangat signifikan. Kedua media online tersebut membuat berita tentang Jokowi saat berkampanye politik memiliki perbedaan dan pembuatan headline yang sangat bertolak belakang antara berita yang negative (menjatuhkan) dan berita yang positive (mendukung). Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Media dan Berita dalam Perspektif Konstruksionis Pandangan konstruksionis melihat media. Tipe penelitian ini menggunakan deskriptif, dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada saat kampanye politik Jokowi pada tahun 2019 melalui media online detik.com dan kompas.com di dalam berita tersebut terjadi framing (pembikaian) yang dilakukan oleh kedua media online tersebut. Dimana dalam berita media online tersebut yang telah saya analisis menggunakan Framing Model Robert N. Entman terdapat Enam berita media online yang telah diterbitkan oleh detik.com dan kompas.com diantaranya tiga berita online melalui detik.com berita yang mengangkat citra positif Jokowi dan tiga berita kompas.com mengangkat berita yang menurunkan citra postif Jokowi. Adapun dapat diperoleh hasil bahwa media online detik.com dalam pemberitaannya berfokus pada sudut pandang Jokowi yang menjadi angin segar optimisme dan Prabowo menajdi pesimisme dalam berita detik.com. Namun sebaliknya dalam hasil media online kompas.com dalam pemberitaannya berfokus pada sudut pandang Prabowo dimana yang menjadi angin segar optimis dan Jokowi menjadi pemberitaan yang pesimisme. Dalam berita kompas.com dimana dalam beritanya mempermasalahkan selama pemerintahan Jokowi yang menurut lawannya sangat banyak kekurang dan berada dijalur yang salah dalam perekonomian yang dijalankan oleh Jokowi. Kata Kunci: Media dan Berita dalam perspektif konstruksionis, Pemilihan Presiden, Framing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 06:22 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 06:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3635 |
Actions (login required)
View Item |