WIJAYANI, NIRMALA HAYU (2020) PROSES LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA PADA CONTENT SPACE AND SHAPE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (4kB) |
|
Text
KET REVISI_SURAT PERNYATAAN_ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (136kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (495kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (106kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
Abstract
ABSTRAK NIRMALA HAYU WIJAYANI. 2020. Proses Literasi Matematis Pesrta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Content Space and Shape. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian yaitu metode eksplorasi. Hasil yang didapat berupa deskripsi mengenai proses literasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA pada content space and shape sekaligus mengetahui kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal tersebut. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan wawancara. Peserta didik yang dijadikan subjek merupakan satu orang peserta didik berdasarkan kemampuan awal matematis kategori tinggi, sedang dan rendah. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas IX D di SMPN 4 Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses literasi matematis subjek kategori rendah dan sedang mencapai dua dari tiga proses; proses merumuskan dan menafsirkan. Pada proses menerapkan konsep, subjek dengan kategori rendah dan sedang tidak mampu menemukan solusi matematika dari soal yang disajikan. Adapun subjek dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan semua soal dengan benar, sehingga subjek kategori tinggi mampu mencapai ketiga proses literasi matematis, yaitu proses merumuskan, proses menerapkan, dan proses menafsirkan. 2) Kesulitan yang dialami subjek kategori rendah yaitu tidak mampu mengetahui konsep yang digunakan dalam menyelesaikan soal proses menerapkan. Subjek kategori sedang mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep rumus phytagoras dan kesulitan dalam menggunakan prinsip yaitu tidak mampu melakukan perhitungan bilangan desimal dengan benar, serta kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal yang mana kemampuan dalam menyelesaikan masalah verbal sangat ditentukan oleh kemampuan menggunakan konsep dan prinsip. Sedangkan subjek dengan kategori tinggi tidak mengalami kesulitan seperti halnya subjek kategori sedang dan rendah, subjek dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan seluruh soal dengan benar, sehingga dianggap tidak memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal PISA content space and shape. Kata kunci: Literasi Matematis, PISA, Kesulitan Peserta Didik, Content Space and Shape
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 04:37 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 04:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3631 |
Actions (login required)
View Item |