PENERAPAN MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP DATA PENJUALAN FASHION PADA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus : Iwan Fashion Tasikmalaya)

FEBRIANTI, NIFA (2021) PENERAPAN MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP DATA PENJUALAN FASHION PADA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus : Iwan Fashion Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
0. COVER.pdf

Download (101kB)
[img] Text
3. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (89kB)
[img] Text
1. LEMBAR PENGESAHAN DAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
7. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text
8. BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf

Download (535kB)
[img] Text
9. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf

Download (545kB)
[img] Text
10. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
11. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK Data transaksi penjualan fashion dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat penjualan produk yang telah dijalankan oleh manajemen Toko Iwan Fashion Tasikmalaya. Data tersebut tidak hanya dijadikan sebagai data arsip penyimpanan laporan penjualan perusahaan saja, tetapi dapat dianalisa dan dimanfaatkan menjadi sebuah informasi untuk membantu dalam melakukan pengembangan strategi pemasaran produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penerapan market basket analysis pada transaksi penjualan barang di Toko Iwan Fashion Tasikmalaya dengan algoritma apriori dalam menemukan aturan asosiasi dengan parameter pengujian minimum support, jumlah k-itemset, lift ratio dan nilai probabilitas. Perhitungan Algoritma Apriori pada aturan asosiasi ini dihitung melalui tiga tahap iterasi pembentukan kandidat k-itemset. Hasil analisa aturan asosiasi yang terbentuk dari perhitungan algoritma apriori dengan menentukan nilai minimum support 35% dan nilai minimum confidence 80%, menghasilkan 1 aturan asosiasi final terbaik pada penjualan tahun 2018 dan 1 aturan asosiasi final untuk penjualan tahun 2019. Dari data penjualan tersebut produk yang paling sering laku terjual adalah produk dari Kemeja, Dress, Celana Pendek, Blouse dan T-Shirt. Hasil penelitian ini yaitu mengimplementasikan algoritma apriori aturan asosiasi pada aplikasi Rapid Minner 98.0 yang berguna untuk membantu manajer Toko Iwan Fashion Tasikmalaya dalam memberikan hasil analisa aturan asosiasi sebagai acuan untuk peningkatan strategi penjualan dan promosi produk. Kata Kunci: Algoritma Apriori, Market Basket Analisys, Data Transaksi Penjualan, Produk Fashion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Dec 2021 05:21
Last Modified: 20 Dec 2021 05:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3560

Actions (login required)

View Item View Item