ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN CARL GUSTAV JUNG

KHAIRUNNISA, KHAIRUNNISA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN CARL GUSTAV JUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (229kB)
[img] Text
2. PENGESHAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (609kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (317kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)

Abstract

ABSTRAK Khairunnisa. 2020. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Carl Gustav Jung. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian Carl Gustav Jung. Jenis penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengambilan data menggunakan think aloud methods. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan komunikasi matematis, pemberian angket tipe kepribadian Carl Gustav Jung dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket tipe kepribadian Carl Gustav Jung dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan pertimbangan peserta didik yang mengerjakan soal kemampua komunikasi matematis meliputi empat indikator yaitu menyatakan peristiwa sehari-hari ke dalam bentuk model matematika (ekspresi aljabar), menjelaskan ide dan relasi matematik secara lisan dan tulisan dengan grafik dan ekspresi aljabar, menjelaskan dan membuat pertanyaan matematika yang dipelajari secara lisan dan tulisan, membuat konjektur, menyusun argumen, merumuskan definisi dan generalisasi secara lisan dan tulisan pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel serta memenuhi tipe kepribadian Carl Gustav Jung berdasarkan angket EPI (Eysenck Personality Inventory). Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek introvert lebih menguasai kemampuan komunikasi matematis secara tulisan lebih detail dan teliti dibandingkan kemampuan komunikasi matematis secara lisan. Sedangkan subjek ekstrovert lebih menguasai kemampuan komunikasi matematis secara lisan dan memiliki rasa percaya diri dalam menjelaskan serta menjawab pertanyaan secara lisan dibandingkan kemampuan komunikasi matematis secara tulisan. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Carl Gustav Jung, introvert, ekstrover

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:51
Last Modified: 17 Dec 2021 03:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3488

Actions (login required)

View Item View Item