THE ANALYSIS OF YOUNG LEARNERS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH

NURLATIFAH, DEDEH (2019) THE ANALYSIS OF YOUNG LEARNERS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER & APPROVAL.pdf

Download (193kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
3. Preface & Table of Contents.pdf

Download (122kB)
[img] Text
4. Chapter I, II, III.pdf

Download (151kB)
[img] Text
5. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
6. CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
7. REFERENCES.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi pembelajar muda untuk belajar bahasa Inggris. A cross-sectional survey design digunakan dalam penelitian ini dengan partisipan 28 siswa kelas IV, 30 siswa kelas V, dan 36 siswa kelas VI di salah satu sekolah dasar di Tasikmalaya. Data penelitian berupa hasil kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang memotivasi pembelajar muda untuk belajar bahasa Inggris meliputi intrinsic value, extrinsic value, dan attainment value. Pertama, intrinsic value meliputi upaya dan sikap positif siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Upaya siswa untuk belajar bahasa Inggris ditunjukkan dengan belajar bahasa Inggris di kelas dengan sungguh-sungguh, bertanya kepada guru atau siswa lain ketika menemukan materi yang sulit dipahami, dan mengerjakan PR atau tugas bahasa Inggris sesuai jadwal yang direncanakan sebelumnya. Sedangkan, sikap positif siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris dibuktikan dengan pernyataan suka belajar bahasa Inggris dan merasa senang ketika belajar bahasa Inggris. Kedua, extrinsic value meliputi keinginan siswa untuk mendapatkan nilai yang bagus dalam mata pelajaran bahasa Inggris, keinginan untuk mampu membaca teks-teks bahasa Inggris, dan keinginan untuk mampu berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Ketiga, attainment value meliputi pemahaman siswa tentang pentingnya belajar bahasa Inggris. Kata Kunci : Motivasi, Belajar Bahasa Inggris, Pembelajar Muda, Cross-Sectional Survey

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:55
Last Modified: 14 Aug 2019 03:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item