SALSABILA, MIFTAH (2020) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (80kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (84kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (238kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (440kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi pada kemampuan berpikir kritis matematis dan penyebab miskonsepsi yang dialami peserta didik pada kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksploratif deskripstif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis disertai Certainty of Response Index (CRI) dan wawancara Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan berdasarkan pertimbangan peserta didik yang mengerjakan soal pada semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis, mengalami miskonsepsi, dan bisa berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa S9 mengalami miskonsepsi klasifikasional, korelasional dan teoretikal pada indikator membangun keterampilan dasar (basic support), memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), membuat penjelasan lebih lanjut (advances clarification) dan membuat simpulan (inference). Penyebab miskonsepsi pada S9 yaitu prakonsepsi yang salah, intuisi yang salah dan reasoning yang tidak lengkap/salah. S16 mengalami miskonsepsi klasifikasional , korelasional dan teoretikal pada indikator memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), membuat penjelasan lebih lanjut (advances clarification) dan membuat simpulan (inference). Penyebab Miskonsepsi pada S16 yaitu intuisi yang salah, reasoning yang tidak lengkap/salah dan pemikiran asosiatif. S25 mengalami miskonsepsi korelasional dan teoretikal pada indikator membuat penjelasan lebih lanjut (advances clarification) dan membuat simpulan (inference). Penyebab Miskonsepsi pada S25 yaitu reasoning yang tidak lengkap/salah dan intuisi yang salah. Kata kunci : miskonsepsi, penyebab miskonsepsi, kemampuan berpikir kritis matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 03:35 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 03:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2528 |
Actions (login required)
View Item |