ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMP DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

RISYANTHI NURINTYAS, DESTY (2020) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMP DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik serta faktor penyebabnya dalam kemampuan pemecahan masalah matematis pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang disertai dengan CRI dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengalami miskonsepsi berdasarkan jenis miskonsepsi yang muncul pada saat diberikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga peserta didik yang mengalami miskonsepsi pada saat mengerjakan soal yang sesuai dengan langkah�langkah Polya. Subjek pertama mengalami miskonsepsi klasifikasional pada langkah kedua dan miskonsepsi teoritikal pada langkah ketiga, subjek kedua mengalami miskonsepsi klasifikasional pada langkah pertama dan kedua serta mengalami miskonsepsi teoritikal pada langkah ketiga, lalu subjek terakhir mengalami miskonsepsi korelasional pada langkah kedua dan miskonsepsi teoritikal pada langkah ketiga. Faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada ketiga subjek diantaranya yaitu intuisi yang salah, reasoning yang tidak lengkap, penalaran yang tidak lengkap, kemampuan awal peserta didik yang salah serta pemikiran asosiatif peserta didik. Kata Kunci : Miskonsepsi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Jun 2021 01:33
Last Modified: 14 Jun 2021 01:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item