BALQIS, SALSABILA (2025) ANALYZING ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS’ PERCEPTION OF INTRALINGUAL DUBBING PRACTICES IN ADVANCED ENGLISH PRONUNCIATION CLASS. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (231kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (204kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (115kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (226kB)
5. PREFACE.pdf
Download (138kB)
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (189kB)
7. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (220kB)
8. CHAPTER 1.pdf
Download (184kB)
9. CHAPTER 2.pdf
Download (213kB)
10. CHAPTER 3.pdf
Download (233kB)
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (296kB)
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (122kB)
13. REFERENCES.pdf
Download (239kB)
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (128kB)
Abstract
Mempelajari pengucapan yang akurat merupakan keterampilan penting bagi pembelajar bahasa Inggris karena secara langsung memengaruhi pemahaman dan efektivitas komunikasi. Untuk membantu mahasiswa menyempurnakan pengucapan mereka secara terstruktur dan menarik, mata kuliah Advanced English Pronunciation menerapkan teknik yang disebut intralingual dubbing, yaitu ketika pembelajar mengganti suara asli dalam video dengan suara mereka sendiri dalam bahasa yang sama. Metode ini diyakini dapat meningkatkan artikulasi, ritme, dan intonasi, sekaligus memberikan konteks latihan yang autentik. Mengingat potensi manfaatnya, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi mahasiswa terhadap praktik intralingual dubbing di mata kuliah Advanced English Pronunciation. Penelitian ini melibatkan tiga orang mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas yang berada kota Tasikmalaya. Data dikumpulkan dengan metode semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan tematik analisis oleh Braun dan Clarke (2006). Hasil menunjukan terdapat empat tema yang merujuk ke persepsi positif terhadap praktik sulih suara intralingual, yakni: (1) Mendorong Kemandirian dan Keterlibatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pelafalan, (2) Mengembangkan Kesadaran Pelafalan Melalui Umpan Balik Berulang, (3) Meningkatkan Praktik Pembelajaran melalui Kolaborasi, dan (4) Menemukan Tantangan dalam Performa Sulih Suara. Diharapkan bahwa penelitian ini dapat memberikan bukti yang berarti bagi bidang pedagogi pengucapan yang sedang berkembang dan menyoroti potensi pedagogi sulih suara sebagai praktik yang menarik dan terpadu dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Kata Kunci: Pengucapan, Persepsi Siswa, Sulih Suara Intralingual
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 00:44 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 00:44 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2518 |
