ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK MENURUT TAHAPAN KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

NURLELA, CIPTIYA (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK MENURUT TAHAPAN KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (117kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
11 BAB 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (307kB)
[img] Text
13 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
16 daftar pustaka.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik menurut tahapan Kastolan dalam menyelesaikan soal cerita matematika, menganalisis faktor-faktor penyebab serta mendeskripsikannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPIT IBADURROHMAN Tasikmalaya Tahun pelajaran 2017/2018. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara ,intrumen dalam penelitian ini adalah soal cerita matematika dengan materi SPLDV. Subjek dipilih berdasarkan teknik purposive yaitu tiga peserta dipilih yang dianggap paling bisa memenuhi pertimbangan menjadi subjek. Teknis analisis data yang digunkan meliputi reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan konseptual yaitu salah dalam menerapkan konsep pada proses eliminasi dan subitusi. Kesalahan Prosedural, kesalahan yang dilakukan yaitu proses yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tidak sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian yang tepat. Kesalahan teknik, kesalahan yang dilakukan yaitu salah dalam menghitung nilai dari suatu operasi hitung dan salah dalam menggunakan operasi hitung. Penyebab kesalahan tersebut adalah karena pesera didik tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik, kurang latihan soal, kurang memahami materi prasyarat dan kurang teliti. Kata kunci: Kesalahan Peserta Didik, Analisis Kastolan, SPLDV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:16
Last Modified: 09 Jun 2021 02:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item View Item