NADIA, ZULFA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) BERBANTUAN NEARPOD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Kuningan Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER (1).pdf
Download (176kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (175kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (158kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (312kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (376kB)
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf
Download (280kB)
7. BAB 1.pdf
Download (303kB)
8. BAB 2.pdf
Download (607kB)
9. BAB 3.pdf
Download (759kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (655kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (220kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (213kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran fisika di kelas X MAN 2 Kuningan Tahun Ajaran 2024/2025. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Berbantuan Nearpod. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Berbantuan Nearpod terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian posttest only group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 2 Kuningan. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling untuk dua kelas, yaitu kelas X.G sebagai kelas eksperimen dan kelas X.D sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik yaitu dengan menggunakan soal uraian. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t ditemukan bahwa � �ℎ�����> ������ yaitu 4,71 > 1,67 atau dengan SPSS menghasilkan sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga �� diterima. Artinya ada pengaruh model pembelajaran Connected Mathematics Project Berbantuan Nearpod terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Energi Altenatif di MAN 2 Kuningan Tahun Ajaran 2024/2025. Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran ini menekankan pada pemberian masalah sehingga peserta didik menjadi lebih terlatih dalam memecahkan masalah.
Kata kunci: Energi Alternatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP), Nearpod
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 04:57 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 04:57 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2329 |
