PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE MINING PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN PRODUK KARTU PERDANA KUOTA INTERNET MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Baetulloh, Uci (2018) PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE MINING PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN PRODUK KARTU PERDANA KUOTA INTERNET MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (94kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (185kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
10 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (450kB)
[img] Text
11 BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
12 BAB II TINJAUAN PENELITIAN TERKAIT.pdf

Download (445kB)
[img] Text
13 BAB III METODOLOGI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
14 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
15 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)

Abstract

Data transaksi penjualan produk kartu perdana kuota internet dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat penjualan produk yang telah dipasarkan oleh beberapa operator telekomunikasi seluler. Data tersebut tidak hanya dijadikan sebagai data arsip penyimpanan laporan penjualan perusahaan saja, tetapi dapat dianalisa dan dimanfaatkan menjadi sebuah informasi untuk membantu dalam melakukan pengembangan strategi pemasaran produk. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapakan metode Association Rule Mining sebagai metode analisa terhadap data transaksi penjualan produk kartu kuota internet untuk menemukan aturan asosiasi kombinasi antar item produk operator mana saja yang paling laku terjual di wilayah penjualan Priangan Timur meliputi cluster Ciamis, Garut dan Tasikmalaya dengan menggunakan perhitungan Algoritma Apriori. Perhitungan Algoritma Apriori pada aturan asosiasi ini dihitung melalui tiga tahap iterasi pembentukan kandidat k-itemset. Hasil analisa aturan asosiasi yang terbentuk dari perhitungan algoritma apriori dengan menentukan nilai minimum support 35% dan nilai minimum confidence 80%, menghasilkan 9 aturan asosiasi final terbaik pada cluster Ciamis, 21 aturan asosiasi final untuk cluster Tasikmalaya dan 7 aturan asosiasi final untuk cluster Garut. Dari ketiga cluster wilayah penjualan tersebut produk yang paling sering laku terjual adalah produk dari kartu kuota internet XL dan Telkomsel serta Indosat dan Telkomsel. Hasil penelitian ini yaitu mengimplementasikan algoritma apriori aturan asosiasi pada sistem yang dibangun untuk membantu Supervisor (Pimpinan) dalam memberikan hasil analisa aturan asosiasi sebagai acuan untuk peningkatan strategi penjualan dan promosi produk. Kata Kunci: Algoritma Apriori, Association Rule, Data Transaksi Penjualan, Produk Kartu Kuota Internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:54
Last Modified: 13 Aug 2019 08:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item