PENGARUH METODE PEER LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Fifit, Puspita Dewi (2019) PENGARUH METODE PEER LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (738kB)
[img] Text
02. BAB I Skripsi.pdf

Download (278kB)
[img] Text
03. BAB II Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text
04. BAB III Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
05. BAB IV Skripsi REVISI FIX BANGET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB V Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (203kB)

Abstract

ABSTRAK FIFIT PUSPITA DEWI, 2019. Pengaruh Metode Peer Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Reproduksi Manusia (Studi Eksperimen di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peer learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juli 2019 di SMA Negeri 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan populasi seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 70 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik prosedur sampling jenuh yaitu kelas XI IPA 1 yang dijadikan kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berjumlah 35 butir soal yang berbentuk pilihan ganda dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji t deskriptif dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data, menunjukan terdapat pengaruh metode peer learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Peer Learning, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi Manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Apr 2020 02:51
Last Modified: 30 Apr 2020 02:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item View Item