MARSELA, RISTA (2024) PROSES BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA BERPIKIR STERNBERG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif peserta didik berdasarkan gaya berpikir Sternberg. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksploratif. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu soal tes berpikir reflektif, angket gaya berpikir Sternberg, dan pedoman wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes berpikir reflektif, dan angket gaya berpikir Sternberg. Subjek pada penelitian ini diambil dari 4 peserta didik kelas VIII-D di SMPN 1 Padakembang. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan peserta didik yang mengerjakan tahapan proses berpikir reflektif menurut Surbeck, Han & Moyer pada materi lingkaran dan mengisi angket gaya berpikir Sternberg berdasarkan tipe monarchic, hierarchic, oligarchic dan anarchic. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (drawing conclusions). Penelitian ini berdasarkan tahapan proses berpikir reflektif meliputi reacting, elaborating, dan contemplating. Hasil penelitian menunjukkan proses berpikir reflektif peserta didik tipe gaya berpikir monarchic telah melalui tahapan reacting, elaborating, dan contemplating dengan benar, tetapi pada tahapan contemplating tidak memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh. Proses berpikir reflektif peserta didik tipe gaya berpikir hierarchic telah melalui tahapan reacting, elaborating, dan contemplating dengan benar dan tepat. Proses berpikir reflektif peserta didik tipe gaya berpikir oligarchic telah melalui tahapan reacting, elaborating, dan contemplating, pada tahapan elaborating peserta didik belum menjawab perhitungan dengan sistematis dikarenakan masih terdapat jawaban yang salah, pada tahapan contemplating peserta didik tidak memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh serta membuat kesimpulan dengan kurang tepat. Proses berpikir reflektif peserta didik tipe gaya berpikir anarchic telah melalui tahapan reacting dan elaborating, namun pada tahapan elaborating peserta didik tipe gaya berpikir anarchic tidak menjawab rencana penyelesaian soal dengan lengkap serta tidak menjawab perhitungan dengan sistematis. Kata kunci: Proses Berpikir Reflektif, Gaya Berpikir Sternberg.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:17 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |