PROSES BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA BERPIKIR STERNBERG

MARSELA, RISTA (2024) PROSES BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA BERPIKIR STERNBERG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (111kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif peserta didik berdasarkan gaya berpikir Sternberg. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksploratif. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu soal tes berpikir reflektif, angket gaya berpikir Sternberg, dan pedoman wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes berpikir reflektif, dan angket gaya berpikir Sternberg. Subjek pada penelitian ini diambil dari 4 peserta didik kelas VIII-D di SMPN 1 Padakembang. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan peserta didik yang mengerjakan tahapan proses berpikir reflektif menurut Surbeck, Han & Moyer pada materi lingkaran dan mengisi angket gaya berpikir Sternberg berdasarkan tipe monarchic, hierarchic, oligarchic dan anarchic. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (drawing conclusions). Penelitian ini berdasarkan tahapan proses berpikir reflektif meliputi reacting, elaborating, dan contemplating. Hasil penelitian menunjukkan proses berpikir reflektif peserta didik tipe gaya berpikir monarchic telah melalui tahapan reacting, elaborating, dan contemplating dengan benar, tetapi pada tahapan contemplating tidak memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh. Proses berpikir reflektif peserta didik tipe gaya berpikir hierarchic telah melalui tahapan reacting, elaborating, dan contemplating dengan benar dan tepat. Proses berpikir reflektif peserta didik tipe gaya berpikir oligarchic telah melalui tahapan reacting, elaborating, dan contemplating, pada tahapan elaborating peserta didik belum menjawab perhitungan dengan sistematis dikarenakan masih terdapat jawaban yang salah, pada tahapan contemplating peserta didik tidak memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh serta membuat kesimpulan dengan kurang tepat. Proses berpikir reflektif peserta didik tipe gaya berpikir anarchic telah melalui tahapan reacting dan elaborating, namun pada tahapan elaborating peserta didik tipe gaya berpikir anarchic tidak menjawab rencana penyelesaian soal dengan lengkap serta tidak menjawab perhitungan dengan sistematis. Kata kunci: Proses Berpikir Reflektif, Gaya Berpikir Sternberg.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Mar 2025 07:17
Last Modified: 10 Mar 2025 07:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15324

Actions (login required)

View Item View Item