MULYANA, ELSA AULIDA (2024) PENGARUH LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
9. BAB 1.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
10. BAB 2.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
11. BAB 3.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (945kB) |
![]() |
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 4 Tasikmalaya masih rendah. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh kurangnya bahan ajar yang inovatif dan bahan ajar yang menunjang pembelajaran peserta didik untuk mengeksplor pengetahuannya. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan bahan ajar yang inovatif yaitu berbasis model yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan LKPD berbasis model pembelajaran ECIRR untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik 190 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan soal tes uraian. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal uraian berjumlah 7 soal yang memuat level kemampuan pemecahan masalah 1) Memahami masalah 2) Merencanakan pemecahan 3) Menyelesaikan masalah 4) Memeriksa kembali hasil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validasi dan reabilitas, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas sebelum dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 23,31>1,67 maka H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh LKPD berbasis ECIRR untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi hukum termodinamika. Kata kunci: LKPD, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model ECIRR
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:22 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |