PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

SYAFIQ, MUHAMMAD (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (50kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (231kB)
[img] Text
3. penguji.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. pernyataan.pdf

Download (133kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (61kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (109kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (168kB)
[img] Text
8. bab 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
9. bab 2.pdf

Download (373kB)
[img] Text
10. bab 3.pdf

Download (271kB)
[img] Text
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan untuk mengetahui hasil dari uji kesepakatan antar rater (ahli) dari media pembelajaran dengan berbasis Scratch pada materi Kubus dan Balok. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model PLOMP, yang terdiri dari preliminary investigation; design; realization/construction; test, evaluation, and revision; dan implementation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara, lembar penilaian kualitas isi dan tujuan, lembar penilaian teknis, dan lembar penilaian kualitas isntruksional. Data pada penelitian ini bersumber dari dua ahli materi, dua ahli media, dan peserta didik kelas VIII B di SMP Negeri 3 Kawali. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penilaian kualitas teknis oleh dua ahli media mendapat skor persentase sebesar 95.4% masuk pada kategori sangat layak, hasil penilaian kualitas isi dan tujuan oleh dua ahli materi mendapatkan skor presentase 94% masuk pada kategori sangat layak, dan hasil penilaian kualitas instruksional pada uji coba kelompok kecil mendapat skor persentase sebesar 94.3% masuk pada kategori sangat baik, serta pada uji coba kelompok besar mendapat skor persentase 94.7% masuk pada kategori sangat baik. Hasil dari uji antar rater ahli media dan ahli materi, nilai koefisien kappa-nya adalah 0.80 dan 0.84, serta nilai signifikasinya masing-masing adalah 0.003 dan 0.001, termasuk dalam kategori kuat (good) dan sangat kuat (very good), baik antara ahli media maupun ahli materi terhadap penilaian kelayakan media pembelajaran berdasarkan kualitas teknis (media) dan kualitas isi dan tujuan (materi). Dengan demikian, media pembelajaran dengan berbasis Scratch pada materi kubus dan balok dikatakan layak dan dapat digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Research & Development, PLOMP, Kubus dan Balok, Scratch.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 25 Feb 2025 01:22
Last Modified: 25 Feb 2025 01:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15257

Actions (login required)

View Item View Item