SYAFIQ, MUHAMMAD (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. cover.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
2. pengesahan.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
3. penguji.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
4. pernyataan.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
5. abstrak.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
6. kata pengantar.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
7. daftar isi.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
8. bab 1.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
9. bab 2.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
10. bab 3.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
11. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
![]() |
Text
13. daftar pustaka.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
14. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan untuk mengetahui hasil dari uji kesepakatan antar rater (ahli) dari media pembelajaran dengan berbasis Scratch pada materi Kubus dan Balok. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model PLOMP, yang terdiri dari preliminary investigation; design; realization/construction; test, evaluation, and revision; dan implementation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara, lembar penilaian kualitas isi dan tujuan, lembar penilaian teknis, dan lembar penilaian kualitas isntruksional. Data pada penelitian ini bersumber dari dua ahli materi, dua ahli media, dan peserta didik kelas VIII B di SMP Negeri 3 Kawali. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penilaian kualitas teknis oleh dua ahli media mendapat skor persentase sebesar 95.4% masuk pada kategori sangat layak, hasil penilaian kualitas isi dan tujuan oleh dua ahli materi mendapatkan skor presentase 94% masuk pada kategori sangat layak, dan hasil penilaian kualitas instruksional pada uji coba kelompok kecil mendapat skor persentase sebesar 94.3% masuk pada kategori sangat baik, serta pada uji coba kelompok besar mendapat skor persentase 94.7% masuk pada kategori sangat baik. Hasil dari uji antar rater ahli media dan ahli materi, nilai koefisien kappa-nya adalah 0.80 dan 0.84, serta nilai signifikasinya masing-masing adalah 0.003 dan 0.001, termasuk dalam kategori kuat (good) dan sangat kuat (very good), baik antara ahli media maupun ahli materi terhadap penilaian kelayakan media pembelajaran berdasarkan kualitas teknis (media) dan kualitas isi dan tujuan (materi). Dengan demikian, media pembelajaran dengan berbasis Scratch pada materi kubus dan balok dikatakan layak dan dapat digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Research & Development, PLOMP, Kubus dan Balok, Scratch.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:22 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |