THE VOICE OF SILENCE: AN INVESTIGATION FROM EFL STUDENTS THROUGH MODEL OF INTERPRETATION

RAHMAN, SILVADIA MAHARANI (2024) THE VOICE OF SILENCE: AN INVESTIGATION FROM EFL STUDENTS THROUGH MODEL OF INTERPRETATION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (236kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEETS.pdf

Download (440kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
4. MOTTO.pdf

Download (119kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (121kB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (126kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (201kB)
[img] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (144kB)
[img] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (163kB)
[img] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (239kB)
[img] Text
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sikap diam siswa adalah tantangan yang sering dihadapi oleh guru selama proses pembelajaran. Fenomena ini dianggap sebagai masalah karena kurangnya partisipasi siswa di dalam kelas. Terutama dalam konteks EFL (English as a Foreign Language), partisipasi siswa dapat menunjukkan pemahaman dan kompetensi mereka selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menyelidiki alasan di balik sikap diam siswa dan menafsirkan sikap ini melalui Model of Interpretation dari Kurzon, yang mempertimbangkan niat di balik perilaku tersebut terutama dalam lingkungan pembelajaran yang berpusat pada siswa di mana partisipasi aktif diharapkan. Fenomena ini diamati selama peneliti terlibat dalam Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP), sehingga penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian. Selain itu, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan lima siswa SMP. Hasil analisis tematik mengungkapkan bahwa faktor internal dan eksternal berkontribusi terhadap sikap diam siswa. Secara internal, sikap ini disebabkan oleh rasa takut akan membuat kesalahan dan dihakimi, kurangnya kepercayaan diri, demotivasi, dan ketidaktahuan. Secara eksternal, tekanan teman sebaya dan hambatan respons menjadi faktor yang signifikan. Temuan menunjukkan bahwa sikap diam siswa bisa bersifat disengaja atau tidak disengaja, yang menunjukkan bahwa guru sebaiknya tidak menafsirkan keheningan secara harfiah karena dapat memiliki berbagai makna. Memahami berbagai makna di balik diamnya siswa dapat menghasilkan strategi pengajaran yang lebih efektif dan meningkatkan keterlibatan siswa. Kata Kunci: Diamnya siswa, siswa EFL, Model of Interpretation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Feb 2025 03:58
Last Modified: 20 Feb 2025 03:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15243

Actions (login required)

View Item View Item