AISYAH, DARA ISTIA (2024) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN PELAKU UMKM TENTANG BANK SYARIAH DI PASAR MANONJAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. cover.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
2. pengesahan.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
3. pernyataan.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
4. abstrak.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
5. kata pengantar.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
6. pedoman literasi.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
7. daftar isi.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
8. bab 1.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
9. bab 2.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
10. bab 3.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
11. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
![]() |
Text
12. bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
![]() |
Text
13. daftar pusaka.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
14. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pemahaman pelaku UMKM tentang bank syariah seharusnya diharapkan dapat mengatasi praktik-praktik keuangan yang mengandung unsur maysir, gharar dan riba. Namun meskipun mayoritas pelaku UMKM adalah muslim insklusi keuangan syariah ternyata masih dikatakan rendah. Dari studi pendahuluan yang telah dilakukan kepada 30 orang pelaku UMKM, 77% bukan nasabah bank syariah dan hanya 23% saja yang menjadi nasabah bank syariah, padahal di Pasar Manonjaya terdapat bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman pelaku UMKM tentang bank syariah di Pasar Manonjaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan penyebaran kuesioner kepada 100 pelaku UMKM. Tingkat pemahaman diukur menggunakan tujuh indikator: menafsirkan, memberi contoh, mengklasifikasikan, meringkas, menyimpulkan, membandingkan, dan menjelaskan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman pelaku UMKM tentang bank syariah di Pasar Manonjaya rata-rata berada pada kategori "cukup paham" dengan persentase sebesar 53,57% dari 100 responden. Distribusi pemahaman responden meliputi: 2% dengan 2 orang sangat paham, 27% dengan 27 orang paham, 58% dengan 58 orang cukup paham, 6% dengan 6 orang kurang paham, dan 7% dengan 7 orang tidak paham. Responden memahami prinsip dasar bank syariah, seperti larangan riba dan konsep bagi hasil, tetapi masih kesulitan memahami produk dan akad dalam bank syariah. Tingkat pemahaman pelaku UMKM tentang bank syariah di Pasar Manonjaya masih perlu ditingkatkan, terutama dalam aspek pemahaman produk dan akad syariah. Promosi dari pihak bank syariah diperlukan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah. Dengan peningkatan pemahaman ini, pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan layanan bank syariah secara optimal, yang pada akhirnya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis syariah. Kata Kunci: Tingkat Pemahaman, Bank Syariah, Pelaku UMKM
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 01:23 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 01:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |