PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

INDRIYANI, DILA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) di kelas XI SMA Negeri 8 Taskmalaya. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI-6, XI-7 dan XI-8, dan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 2 kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI-8 sebagai kelas eksperimen dan XI-7 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel nonprobability sampling. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) pada materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, dimana nilai rata-rata posttest lebih unggul dibandingkan dengan rata-rata posttest yang pada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Hasil Belajar, Assurance Relevance Interest Assesment and Satisfaction

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:19
Last Modified: 14 Feb 2025 06:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15153

Actions (login required)

View Item View Item