ANDREAS, AGUNG VEGA (2024) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei Terhadap Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2021 - 2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. cover.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
2. pengesahan.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
3. penguji.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
4. pernyataan.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
5. abstrak.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
6. kata pengantar.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
7. ucapan terima kasih.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
8. daftar isi.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
9. bab i.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
10. bab ii.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
11. bab iii.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
12. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
![]() |
Text
13. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
![]() |
Text
14. daftar pustaka.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
15. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
16. riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
Abstract
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah tentang rendahnya hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan menggunakan desain eksplanatory. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dengan populasi sebanyak 337 mahasiswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional sampling dengan jumlah responden sebanyak 194 mahasiswa. Alat analisis yang digunakan yaitu path analysis. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. 2) Konformitas teman sebaya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasil belajar mahasiswa. 3) Motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. 4) Lingkungan Keluarga tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. 5) Konformitas teman sebaya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. 6) Lingkungan Keluarga berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar mahasiswa. 7) Konformitas Teman Sebaya berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar mahasiswa. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Konformitas Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 03:04 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 03:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |