STRATEGI TUTOR DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF PESERTA DIDIK (Studi pada Peserta Didik Program Kesetaraan Paket C di PKBM Gema)

ROHAMAH, ENENG SITI (2024) STRATEGI TUTOR DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF PESERTA DIDIK (Studi pada Peserta Didik Program Kesetaraan Paket C di PKBM Gema). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
5. MOTTO.pdf

Download (68kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (177kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (73kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (24kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (192kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (143kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peserta didik PKBM Gema memiliki karakter yang beragam dan tentunya peserta didik mempunyai kelebihan dan kekurangan setiap individunya, dengan solusi tutor harus memiliki strategi dalam membangun karakter kreatif peserta didiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi tutor dalam membentuk karakter kreatif peserta didik Paket C PKBM Gema Kota Tasikmalaya. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ialah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu tutor memberikan strategi dalam membangun karakter kreatif peserta didik di PKBM Gema Kota Tasikmalaya, dengan peserta didik yang diharapkan bisa mempunyai karakter kreatif dalam pembelajaran, strategi tutor PKBM Gema yang diberikan kepada peserta didik diantara lain: tutor menjadi teladan dengan cara mengikuti tata tertib di lembaga, melakukan pendekatan, menerapkan sikap adil dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan mengikuti seminar-seminar pendidikan. Tutor menjadi pembimbing dengan memberikan intruksi moral secara tegas, jelas dan cerdas, selain itu tutor memberikan bimbingan melalui metode diskusi, nasihat, bercerita atau problem based learning untuk mendorong peserta didik supaya berfikir kritis. Tutor menjadi pengasuh dengan cara memberikan kasih sayang dengan melakukan pendekatan dan menghormati peserta didik dengan mengimplementasikan 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun, serta membangun kepercayaan diri peserta didik dengan mengembangkan kekuatan dan keterbatasan peserta dengan cara memberikan motivasi, tutor PKBM Gema juga membantu peserta didik merasakan moralitas dengan memberikan konselling. Kesimpulannya dengan strategi tutor dalam membentuk karakter kreatif kepada peserta didik menjadikan peserta didik mempunyai semangat kembali dalam mengikuti aktivitas pembelajaran di PKBM Gema Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : Strategi Tutor, Karakter Kreatif, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:41
Last Modified: 07 Feb 2025 08:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15047

Actions (login required)

View Item View Item