PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Terpadu At-Taufiq Al-Islamy Tahun Ajaran 2023/2024)

Nur, Najmi Muhammad Agus (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Terpadu At-Taufiq Al-Islamy Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (234kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (411kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (401kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (341kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
7 DAFTAR TABEL.pdf

Download (348kB)
[img] Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (514kB)
[img] Text
9 DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (371kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstract

Mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Akan tetapi, masih terdapat banyak peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu At-Taufiq Al-Islamy Tahun Ajaran 2023/2024 yang belum memenuhi KKM dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran group investigation meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu At-Taufiq Al-Islamy Tahun Ajaran 2023/2024 dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita. Metode penelitian yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, tes, dan wawancara. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu At-Taufiq Al-Islamy tahun ajaran 2023/2024. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 8 orang (31%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 18 orang (69%). Pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 10 orang (39%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 16 orang (61%). Pada siklus kedua baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 26 orang (100%) berhasil mencapai KKM. Hasil uji normalitas data nilai mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada siklus kesatu dan kedua menunjukkan bahwa data berdistribusi tidak normal sehingga untuk menghitung uji beda digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01). Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima yang artinya model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu At-Taufiq Al-Islamy Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2025 06:36
Last Modified: 31 Jan 2025 06:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15039

Actions (login required)

View Item View Item