ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL VISUAL

SIFAUNNAZAH, HASYA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL VISUAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (251kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text
3. SUKET REVISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (350kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (295kB)
[img] Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (196kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (195kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (370kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (321kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar ditinjau dari kecerdasan spasial visual. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket kecerdasan spasial visual, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Subjek dipilih dari peserta didik kelas VIII-H SMP Negeri 9 Tasikmalaya yang terdiri dari 30 soal angket kecerdasan spasial visual, dan 1 soal tes kemampuan representasi matematis. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) peserta didik dengan kecerdasan spasial visual tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis, tetapi kurang dalam menggambar bangun ruang 2) peserta didik dengan kecerdasan spasial visual sedang mampu memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis dengan sangat baik dan terarah 3) peserta didik dengan kecerdasan spasial visual rendah hanya mampu memenuhi dua indikator dari kemampuan representasi matematis yaitu representasi visual dan simbolik, serta kurang memahami dalam menyelesaikan indikator representasi verbal, yang dimana peserta didik tidak menuliskan kembali informasi�informasi yang di dapat dari soal yang diberikan. Kata kunci: Representasi Matematis, Kecerdasan Spasial Visual, Bangun Datar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:05
Last Modified: 31 Jan 2025 04:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15031

Actions (login required)

View Item View Item