PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 SINGAPARNA (Quasi Eksperimen Kepada Siswa Kelas XI SMAN 2 Singaparna)

ANGGRAENI, AMELIA TRI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 SINGAPARNA (Quasi Eksperimen Kepada Siswa Kelas XI SMAN 2 Singaparna). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (14kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan .pdf

Download (214kB)
[img] Text
Abstrak (3).pdf

Download (10kB)
[img] Text
Kata Pengantar (1).pdf

Download (125kB)
[img] Text
Daftar Isi (1).pdf

Download (504kB)
[img] Text
Daftar Tabel (1).pdf

Download (187kB)
[img] Text
Daftar Gambar (1).pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I (9).pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II (5).pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB III (2).pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Negeri 2 Singaparna. Penelitian dilakukan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan media video dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi sebanyak 247 yang terdiri dari 8 kelas, menggunakan teknik purposive sampling maka sampling yang ditentukan sebanyak 2 kelas diantaranya XI-5 (kelompok eksperimen) sedangkan XI-8 (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan Pretest dan Posttest yang terdiri dari 25 butir soal dengan alternatif jawaban pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pada materi ketenagakerjaan, dimana nilai rata-rata posttest lebih unggul dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest yang menggunakan model konvensional, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Problem Based Learning, Media Vidio, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jan 2025 03:56
Last Modified: 30 Jan 2025 03:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14999

Actions (login required)

View Item View Item