ANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM VIDEO FABEL PADA YOUTUBE INDONESIAN FAIRY TALES MELALUI PENDEKATAN PRAGMATIK SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMP

Fitriana, Della (2024) ANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM VIDEO FABEL PADA YOUTUBE INDONESIAN FAIRY TALES MELALUI PENDEKATAN PRAGMATIK SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMP. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (9MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (9MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf

Download (9MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (9MB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB)
[img] Text
13. RIWATAR HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pada Capaian Pembelajaran menganalisis dan memaknai informasi berupa pesan dalam berbagai teks audio-visual, pendidik hendaknya menyiapkan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum sehingga CP dapat dicapai secara maksimal. Salah satu sumber yang dapat digunakan dalam mencapai CP tersebut adalah cerita fabel audio-visual pada kanal YouTube Indonesian Fairy Tales. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan berupa nilai-nilai kehidupan fabel yang terkandung dalam kumpulan video fabel YouTube Indonesian Fairy Tales dan untuk mengetahui dapat atau tidaknya nilai-nilai kehidupan dalam video fabel pada YouTube Indonesian Fairy Tales dijadikan sebagai sumber belajar di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan, yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik angket. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa video pada YouTube Indonesian Fairy Tales. Fokus penelitian ini adalah nilai-nilai kehidupan teks fabel. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa video fabel pada YouTube Indonesian Fairy Tales memiliki nilai-nilai kehidupan yang lengkap, yaitu nilai religius, nilai moral, keberanian, berkorban, gotong royong, kepahlawanan, kepemimpinan, pendidikan, dan kesederhanaan. Kesesuaian dengan kurikulum dan kriteria bahan ajar sastra, video fabel ini sudah sesuai dengan kurikulum, yaitu sesuai dengan CP menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari teks fiksi audio-visual, dan memenuhi kriteria bahan ajar sastra, yaitu aspek kebahasaan, psikologi, dan latar belakang budaya. Setelah melakukan validasi dapat disimpulkan bahwa video fabel YouTube Indonesian Fairy Tales dapat dijadikan sebagai bahan ajar nilai-nilai kehidupan teks fabel di SMP. Kata kunci: Analisis nilai-nilai kehidupan, Fabel, YouTube.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jan 2025 02:10
Last Modified: 30 Jan 2025 02:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14987

Actions (login required)

View Item View Item