MARTIA, ELSANDRA (2024) PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP LITERASI INFORMASI DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen dikelas X SMA Negeri 1 Sagaranten, Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (997kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI TABEL GAMBAR_.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. BAB 3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (998kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media mind Mapping terhadap literasi informasi dan literasi sains peserta didik kelas X SMAN 1 Sagaranten tahun ajaran 2023/2024 pada konsep perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan metode quasi experimental design dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 254 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen kuesioner literasi informasi sebanyak 20 pernyataan dan instrumen tes pilihan ganda literasi sains sebanyak 36 pertanyaan yang telah diuji validitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat analisis, serta uji One-way ANOVA untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari penggunaan media mind Mapping terhadap literasi informasi pada konsep perubahan lingkungan dengan signifikansi sebesar 0,824 (signifikansi > 0,05) dan terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari penggunaan media mind Mapping terhadap literasi sains peserta didik pada konsep perubahan lingkungan dengan signifikansi sebesar 0,560 (signifikansi > 0,05). Nilai tersebut menunjukan tidak adanya pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel tersebut. Kata Kunci : Mind Mapping, Literasi Informasi, Literasi Sains
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 08:09 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 08:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |