PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP LITERASI INFORMASI DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen dikelas X SMA Negeri 1 Sagaranten, Tahun Ajaran 2023/2024)

MARTIA, ELSANDRA (2024) PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP LITERASI INFORMASI DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen dikelas X SMA Negeri 1 Sagaranten, Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (997kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI TABEL GAMBAR_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media mind Mapping terhadap literasi informasi dan literasi sains peserta didik kelas X SMAN 1 Sagaranten tahun ajaran 2023/2024 pada konsep perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan metode quasi experimental design dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 254 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen kuesioner literasi informasi sebanyak 20 pernyataan dan instrumen tes pilihan ganda literasi sains sebanyak 36 pertanyaan yang telah diuji validitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat analisis, serta uji One-way ANOVA untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari penggunaan media mind Mapping terhadap literasi informasi pada konsep perubahan lingkungan dengan signifikansi sebesar 0,824 (signifikansi > 0,05) dan terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari penggunaan media mind Mapping terhadap literasi sains peserta didik pada konsep perubahan lingkungan dengan signifikansi sebesar 0,560 (signifikansi > 0,05). Nilai tersebut menunjukan tidak adanya pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel tersebut. Kata Kunci : Mind Mapping, Literasi Informasi, Literasi Sains

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:09
Last Modified: 21 Jan 2025 08:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14960

Actions (login required)

View Item View Item