FITRIANI, ANNISA NURUL (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF-ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP SELF CONFIDENCE DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (111kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (85kB) |
|
Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
Text
5. REKOMENDASI PENGUJI.pdf Download (195kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (15kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (73kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (23kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (115kB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (40kB) |
|
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (115kB) |
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (120kB) |
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (321kB) |
|
Text
15. BAB 3.pdf Download (424kB) |
|
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
20. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis dan self confidence peserta didik pada materi gelombang mekanik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Self-Organized Learning Environment (SOLE) terhadap self confidence dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA di SMAN 6 Tasikmalaya, yang terdiri dari 7 kelas dengan total 273 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yang nilai rata-rata dan standar deviasi nya berdekatan yaitu kelas XI IPA 6 dengan nilai rata sebesar 51,5 dengan standar deviasinya sebesar 11,84 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 7 dengan nilai rata sebesar 42,7 dengan standar deviasinya sebesar 10,70 sebagai kelas kontrol. Keterampilan berpikir kritis diukur menggunakan tes esai sebanyak 8 soal yang memuat 5 indikator, sedangkan self confidence diukur menggunakan 20 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat yaitu uji normalitas multivariate dan uji homogenitas matriks varians kovarians, serta uji hipotesis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil uji hipotesis diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 257,4 > 3,26 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Syarat nilai signifikansi < 0,05 artinya 0,001 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa model pembelajaran SOLE berpengaruh terhadap self-confidence dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik di kelas XI IPA SMAN 6 Tasikmalaya tahun pelajaran 2023/2024. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Self Confidence, Model Pembelajaran SOLE, Gelombang Mekanik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:33 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14929 |
Actions (login required)
View Item |