Ramdan, Andra Muhamad (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN, SERTA MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN DAN GAGASAN DALAM MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IX B SMP Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (125kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (93kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (97kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (175kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) |
|
Text
7 DAFTAR TABEL.pdf Download (178kB) |
|
Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (170kB) |
|
Text
9 DAFTAR GRAFIK.pdf Download (95kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (174kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (214kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (414kB) |
|
Text
13 BAB III.pdf Download (238kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
|
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Menelaah struktur dan aspek kebahasaan, serta mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam menulis cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Namun, pada kenyataannya berdasarkan informasi yang penulis peroleh, di SMP Negeri 2 Singaparna khususnya kelas IX B masih banyak peserta didik yang belum mampu menentukan struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek, serta menghubungkan ide-ide untuk menulis teks cerita pendek, sehingga peserta didik kelas IX-B SMP Negeri 2 Singaparna tahun ajaran 2023/2024 masih banyak yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan menelaah struktur, dan aspek kebahasaan, serta mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam menulis cerita pendek pada peserta didik kelas IX-B SMP Negeri 2 Singaparna tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengolahan data hasil belajar peserta didik dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek siklus kesatu yaitu sebanyak 15 peserta didik (48%) telah mencapai KKM dan 16 peserta didik (51%) belum mencapai KKM. Dalam pembelajaran mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam menulis cerita pendek sebanyak 20 peserta didik (64%) belum mencapai KKM dan 11 peserta didik (35%) telah mencapai KKM. Pada siklus kedua baik dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek maupun mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam menulis cerita pendek, seluruh peserta didik kelas IX-B telah mencapai KKM yaitu 31 peserta didik (100%). Selain itu, berdasarkan hasil uji Wilcoxon terhadap data nilai peserta didik pada KD 3.2 dan 4.2 diperoleh hasil W (hitung) (0) < W (tabel) (38). Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan aspek kebahasaan, serta mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam menulis cerita pendek pada peserta didik kelas IX-B SMP Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024. Hal ini menujukan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima dan dibuktikan kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 04:50 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 04:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14921 |
Actions (login required)
View Item |