PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

PRATAMA, ALBIMA SAHALUNURAL PUTRA (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Menganalisis unsur pembangun cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XI Kurikulum 2013 Revisi. Namun, pada kenyataan di SMA Negeri 1 Sukadana kelas XI IPS 1 sebanyak 26 (100%) peserta didik belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun dalam sebuah teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sukadana. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, angket, serta tes. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dalam menganalisis unsur pembangun teks cerita pendek siklus I terdapat 5 peserta didik (19%) yang mampu mencapai KKM dan 21 peserta didik (81%) yang belum mencapai KKM. Pada siklus II, 1 peserta didik (4%) yang belum mencapai KKM dan 25 peserta didik (96%) sudah mencapai KKM. Setelah data dinilai dan dihitung secara statistika menggunakan Uji Normalitas. Maka hasil uji menunjukkan data berdistribusi tidak normal, sehingga data yang dianalisis dilanjutkan diuji menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji perbedaan dengan menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh nilai siginikasi 0,000, < 0,05. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis unsur pembangun dalam sebuah teks cerita pendek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:57
Last Modified: 20 Jan 2025 03:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14915

Actions (login required)

View Item View Item