PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

ZAHRO, AIDIYAH FITRI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
03 PERNYATAAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (108kB)
[img] Text
06 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (228kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
08 DAFTAR TABEL.pdf

Download (9kB)
[img] Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (13kB)
[img] Text
11 BAB 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (209kB)
[img] Text
13 BAB 3.pdf

Download (521kB)
[img] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
18 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 19 Kota Bekasi mengenai hasil belajar, yakni masih terdapat peserta didik yang belum mampu memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media augmented reality dalam meningkatkan hasil peserta didik terutama mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yakni quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data, selanjutnya teknik pengelolaan data, dan analisis data melalui tes berbentuk pilihan majemuk yang terdiri dari 30 soal. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X SMAN 19 Kota Bekasi Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 213 peserta didik. Teknik pengambilan sampel non-probability sampling jenis purposive sampling dengan total sampel 70 peserta didik, terdiri dari 35 peserta didik dari kelas X-E sebagai kelas eksperimen, dan 35 peserta didik dari kelas X-K sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan N-Gain kelas eksperimen 0.71 dalam interpretasi tinggi sedangkan N-Gain kelas kontrol 0.41 dalam interpretasi sedang. Pengujian hipotesis menunjukkan nilai Asymp. Sig (2.tailed) sebesar <0.000 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas eksperimen sebelum, dan sesudah perlakuan. Kata Kunci: Hasil belajar, discovery learning, augmented reality

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Jan 2025 01:32
Last Modified: 20 Jan 2025 01:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item View Item