PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI, RAGAM, DAN STRUKTUR TEKS TANGGAPAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Susani, Munna (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI, RAGAM, DAN STRUKTUR TEKS TANGGAPAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (186kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (189kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
7 DAFTAR TABEL.pdf

Download (202kB)
[img] Text
8 AFTAR GRAFIK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (172kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (419kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
17 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Menelaah isi, ragam, dan struktur teks tanggapan merupakan kemampuan yang perlu dikuasai peserta didik kelas VII pada mata pelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan masih banyak peserta didik yang belum memenuhi KKM. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan menelaah isi, ragam, dan struktur teks tanggapan pada peserta didik kelas VII SMPN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII SMPN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu dalam pembelajaran menelaah isi, ragam, dan struktur teks tanggapan, terdapat 18 peserta didik (56%) belum mampu mencapai KKM dan terdapat 14 peserta didik (44%) telah mencapai KKM. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan dalam menelaah isi, ragam, dan struktur teks tanggapan, terdapat 32 orang (100%) telah mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah, yaitu 75. Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai menelaah isi, ragam, dan struktur teks tanggapan pada siklus kesatu dan siklus kedua berdistribusi tidak normal sehingga penulis menghitung uji perbedaan data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel (126,2) dalam taraf signifikansi (0,01). Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima dan terbukti kebenarannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menelaah isi, ragam, dan struktur teks tanggapan pada peserta didik kelas VII SMPN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Jan 2025 08:17
Last Modified: 17 Jan 2025 08:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14897

Actions (login required)

View Item View Item