QUDUS, SALSABILA ASHILAH ATHILYA (2024) ANALISIS BEBAN KENDARAAN TERHADAP DERAJAT KERUSAKAN DAN SISA UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) (Studi Kasus : Jalan Nasional BTS Sumedang-Cijelag, Kabupaten Sumedang). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
COVER-1.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-1.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR-1.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI-1.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB I-1.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Jalan Sumedang-Cijelag merupakan jalan nasional yang diklasifikasikan jalan kelas I. Banyak kendaraan berat yang sering melintasi ruas jalan tersebut. Sebagian dari kendaraan tersebut membawa muatan yang melebihi kapasitas. Kendaraan yang melebihi kapasitas (overload) dapat memengaruhi tingkat pelayanan perkerasan hingga menyebabkan penurunan umur sisa rencana perkerasan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis dampak dari beban kendaraan kondisi overload terhadap kerusakan jalan dan umur sisa rencana perkerasan lentur (Remaining Life). Data yang diperlukan dalam penelitian adalah data sekunder berupa data LHR dan data nilai IRI yang diperoleh dari Balan Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta - Jawa Barat serta data beban kendaraan yang diperoleh dari Unit Pelaksanaan Penimbangan Kendaraan Bermotor Tomo. Proses analisis menggunakan metode Bina Marga dan AASHTO 1993 dalam memperoleh sisa umur rencana perkerasan dan derajat kerusakan jalan. Diperoleh data presentase kendaraan dengan muatan overload adalah kendaraan dengan golongan 4, 6a, 6b dan 7a. Golongan 7a memiliki presentase tertinggi sebesar 51,2%. Dari data tersebut dapat dilakukan perhitungan nilai VDF dan ESAL pada kondisi normal dan overload. Pada hasil analisis nilai Derajat Kerusakan Jalan (DKJ) pada kendaraan berat golongan 6b, 7a dan 7c dengan muatan yang berlebih, nilai DKJ > 1 sehingga dapat memengaruhi kerusakan perkerasan. Sedangkan pada kondisi normal, nilai DKJ tidak berpengaruh besar terhadap kondisi perkerasan. Dari hasil analisis nilai VDF dan ESAL diperoleh penurunan umur rencana terjadi pada kondisi overload selama 5,02 tahun dari 20 tahun rencana. Dilakukan analisis upaya penanganan terhadap kondisi perkerasan eksisting berdasarkan data IRI, diketahui ruas jalan yang perlu dilakukan upaya penanganan pemeliharaan rutin sepanjang 4,9 km, yang perlu dilakukan pemeliharaan berkala sepanjang 20,8 km dan perlu dilakukan peningkatan jalan sepanjang 1,8 km. Kata Kunci: Overload, sisa umur rencana, derajat kerusakan, Bina Marga, AASHTO 1993
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 03:44 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 03:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |