PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA FANTASY MYSTERY BOX TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Rahmawati, Widia Ayu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA FANTASY MYSTERY BOX TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (207kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (177kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (332kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (233kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (226kB)
[img] Text
8. Daftar Grafik.pdf

Download (216kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (313kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (692kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
16. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan Kurikulum Merdeka, menulis teks cerita fantasi merupakan salah satu elemen capaian yang perlu dicapai oleh peserta didik kelas VII. Kurangnya penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai membuat penulis melakukan eksperimen dengan menggunakan model picture and picture berbantuan media fantasy mystery box. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media fantasy mystery box terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang penulis gunakan yakni metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan tes. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Prates kelas eksperimen sebesar 64,78 dan nilai Pascates sebesar 83,41 dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Nilai rata-rata Prates kelas kontrol sebesar 61,63 dan nilai Pascates sebesar 78,56 dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Hasil uji wilcoxon menunjukan bahwa nilai Asymp. Sig 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran picture and picture berbantuan media fantasy mystery box berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi. Artinya, hipotesis penelitian ini diterima. Menulis teks cerita fantasi di kelas eksperimen menghasilkan rata-rata N-Gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang. Sedangkan pada menulis teks cerita fantasi di kelas kontrol menghasilkan rata-rata N-Gain sebesar 0,4 dengan kategori sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding hasil belajar peserta didik di kelas kontrol

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:18
Last Modified: 27 Dec 2024 02:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14788

Actions (login required)

View Item View Item