PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI ISI (SARAN, AJAKAN, ARAHAN, DAN PERTIMBANGAN) DAN MENYIMPULKAN TEKS PERSUASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 MTs Al-Khoeriyah Bantar Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Lisnawati, Lisa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI ISI (SARAN, AJAKAN, ARAHAN, DAN PERTIMBANGAN) DAN MENYIMPULKAN TEKS PERSUASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 MTs Al-Khoeriyah Bantar Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (270kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (717kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (733kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
5.KATA PENGANTAR.pdf

Download (231kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (296kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (373kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran menjadi suatu komponen pembelajaran yang berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi berdampak pada keberhasilan peserta didik selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi isi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) dan menyimpulkan teks persuasi eksperimen pada peserta didik Kelas VIII MTs Al-Khoeriyah Bantar Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Al-Khoeriyah Bantar tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, nilai rata-rata peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran mengidentifikasi isi teks persuasi yakni 57,92 (pretest) dan 94,96 (posttest) selisih dari kedua rata-rata tersebut adalah 37,04 dan menyimpulkan teks persuasi yakni 47,57 (pretest) dan 91,71 (posttest) selisih dari rata�rata tersebut adalah 44,14. Sedangkan nilai rata-rata peserta didik di kelas kontrol dalam pembelajaran mengidentifikasi isi teks persuasi yakni 54,17 (pretest) dan 85,07 (posttest) selisih dari rata-rata tersebut adalah 30,9 dan menyimpulkan teks persuasi yakni 53,64 (pretest) dan 79,69 (posttest) selisih dari rata-rata tersebut adalah 26,05. Berdasarkan sebaran data yang diperoleh, setelah diuji normalitas maka data berdistribusi tidak normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesisi dilanjut menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan 0,001 < 0,05 kemampuan mengidentifikasi isi teks persuasi dan 0,039 < 0,05 kemampuan menyimpulkan teks persuasi. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi isi dan menyimpulkan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII MTs Al-Khoeriyah Bantar tahun ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:12
Last Modified: 27 Dec 2024 02:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14757

Actions (login required)

View Item View Item