PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024)

NURJANAH, SITI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
3 PERNYATAAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (8MB)
[img] Text
6 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (8MB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
8 DAFTAR TABEL.pdf

Download (8MB)
[img] Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8MB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
11 BAB 1.pdf

Download (8MB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (8MB)
[img] Text
13 BAB 3.pdf

Download (8MB)
[img] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
18 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan media Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Manonjaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest sebesar 44,50 dan nilai posttest sebesar 81,69. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest sebesar 42,42 dan nilai rata-rata posttest sebesar 75,76. (3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu sebesar 0,67 dan 0,57. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan media Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Jigsaw, Media Mind Mapping, Model Pembelajaran Kooperatif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Dec 2024 08:32
Last Modified: 12 Dec 2024 08:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item View Item