NURJANAH, SITI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (8MB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (8MB) |
|
Text
3 PERNYATAAN.pdf Download (8MB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (8MB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (8MB) |
|
Text
6 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (8MB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (8MB) |
|
Text
8 DAFTAR TABEL.pdf Download (8MB) |
|
Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8MB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
|
Text
11 BAB 1.pdf Download (8MB) |
|
Text
12 BAB 2.pdf Download (8MB) |
|
Text
13 BAB 3.pdf Download (8MB) |
|
Text
14 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8MB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
Text
18 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan media Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Manonjaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest sebesar 44,50 dan nilai posttest sebesar 81,69. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest sebesar 42,42 dan nilai rata-rata posttest sebesar 75,76. (3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu sebesar 0,67 dan 0,57. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan media Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Jigsaw, Media Mind Mapping, Model Pembelajaran Kooperatif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 08:32 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 08:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14694 |
Actions (login required)
View Item |