BAROKAH, RESTI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE AKM KONTEN PENGUKURAN DAN GEOMETRI DITINJAU DARI BELIEF MATHEMATICS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 (cover)_.pdf Download (83kB) |
|
Text
2 (Lembar Pengesahan) .pdf Download (2MB) |
|
Text
3 (Surat Keterangan Revisi)_.pdf Download (493kB) |
|
Text
4 (Pernyataan Keaslian Ilmiah).pdf Download (370kB) |
|
Text
5 (Abstrak)_.pdf Download (9kB) |
|
Text
6 (Kata Pengantar)_.pdf Download (115kB) |
|
Text
7 (Daftar Isi)_.pdf Download (84kB) |
|
Text
8 (Daftar Tabel)_.pdf Download (63kB) |
|
Text
9 (Daftar Gambar)_.pdf Download (64kB) |
|
Text
10 (Daftar Lampiran)_.pdf Download (70kB) |
|
Text
11 (BAB 1 PENDAHULUAN)_.pdf Download (147kB) |
|
Text
12 (BAB 2 LANDASAN TEORETIS)_.pdf Download (396kB) |
|
Text
13 (BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN)_.pdf Download (229kB) |
|
Text
14 (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)_.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15 (BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN)_.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
16 (Daftar Pustaka)_.pdf Download (155kB) |
|
Text
18 (Riwayat Hidup)_.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
17 (Lampiran)_.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal tipe AKM Konten Pengukuran dan Geometri ditinjau dari belief mathematics. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif eksploratif. Subjek penelitian ini adalah 5 peserta didik Kelas VIII SMPN 12 Tasikmalaya dengan ditinjau dari belief mathematics kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket belief mathematics, tes kemampuan literasi matematis soal tipe AKM konten pengukuran dan geometri, lalu subjek terpilih diwawancara untuk mengetahui lebih dalam kemampuan literasi matematisnya. Teknis analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S-26 dan S-13 dengan belief mathematics tinggi, S-26 dapat memenuhi semua indikator literasi matematis dan proses pengerjaannya lengkap, sedangkan S-13 kurang dalam menulis hal yang ditanyakan dan menarik kesimpulan sederhana. S-8 dengan belief mathematics sedang dapat memenuhi semua indikator literasi matematis. Dalam prosesnya, peserta didik masih memiliki kesulitan dalam membuat generalisasi dan dugaan berdasarkan hasil faktor bilangan yang ditemukan, belum mampu mengevaluasi keteraturan yang diamati dalam data serta belum mampu merefleksikan argumen matematika serta menjelaskan kebenaran hasil matematika yang diperoleh. S-20 dan S-25 dengan belief mathematics rendah dapat memenuhi indikator literasi matematis yakni merumuskan situasi secara matematis dan menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika. S-20 dan S-25 belum mampu menyelesaikan solusi literasi matematis pada tahap menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika. Kedua subjek masih keliru dalam melakukan representasi geometris. Selain itu, S-25 belum tepat dalam melakukan perhitungan matematis. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Literasi Matematis, AKM, Konten Pengukuran dan Geometri, Belief Mathematics
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 07:29 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 07:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14668 |
Actions (login required)
View Item |