ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE AKM KONTEN PENGUKURAN DAN GEOMETRI DITINJAU DARI BELIEF MATHEMATICS

BAROKAH, RESTI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE AKM KONTEN PENGUKURAN DAN GEOMETRI DITINJAU DARI BELIEF MATHEMATICS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 (cover)_.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2 (Lembar Pengesahan) .pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 (Surat Keterangan Revisi)_.pdf

Download (493kB)
[img] Text
4 (Pernyataan Keaslian Ilmiah).pdf

Download (370kB)
[img] Text
5 (Abstrak)_.pdf

Download (9kB)
[img] Text
6 (Kata Pengantar)_.pdf

Download (115kB)
[img] Text
7 (Daftar Isi)_.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8 (Daftar Tabel)_.pdf

Download (63kB)
[img] Text
9 (Daftar Gambar)_.pdf

Download (64kB)
[img] Text
10 (Daftar Lampiran)_.pdf

Download (70kB)
[img] Text
11 (BAB 1 PENDAHULUAN)_.pdf

Download (147kB)
[img] Text
12 (BAB 2 LANDASAN TEORETIS)_.pdf

Download (396kB)
[img] Text
13 (BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN)_.pdf

Download (229kB)
[img] Text
14 (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15 (BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN)_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
16 (Daftar Pustaka)_.pdf

Download (155kB)
[img] Text
18 (Riwayat Hidup)_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
17 (Lampiran)_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal tipe AKM Konten Pengukuran dan Geometri ditinjau dari belief mathematics. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif eksploratif. Subjek penelitian ini adalah 5 peserta didik Kelas VIII SMPN 12 Tasikmalaya dengan ditinjau dari belief mathematics kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket belief mathematics, tes kemampuan literasi matematis soal tipe AKM konten pengukuran dan geometri, lalu subjek terpilih diwawancara untuk mengetahui lebih dalam kemampuan literasi matematisnya. Teknis analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S-26 dan S-13 dengan belief mathematics tinggi, S-26 dapat memenuhi semua indikator literasi matematis dan proses pengerjaannya lengkap, sedangkan S-13 kurang dalam menulis hal yang ditanyakan dan menarik kesimpulan sederhana. S-8 dengan belief mathematics sedang dapat memenuhi semua indikator literasi matematis. Dalam prosesnya, peserta didik masih memiliki kesulitan dalam membuat generalisasi dan dugaan berdasarkan hasil faktor bilangan yang ditemukan, belum mampu mengevaluasi keteraturan yang diamati dalam data serta belum mampu merefleksikan argumen matematika serta menjelaskan kebenaran hasil matematika yang diperoleh. S-20 dan S-25 dengan belief mathematics rendah dapat memenuhi indikator literasi matematis yakni merumuskan situasi secara matematis dan menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika. S-20 dan S-25 belum mampu menyelesaikan solusi literasi matematis pada tahap menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika. Kedua subjek masih keliru dalam melakukan representasi geometris. Selain itu, S-25 belum tepat dalam melakukan perhitungan matematis. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Literasi Matematis, AKM, Konten Pengukuran dan Geometri, Belief Mathematics

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:29
Last Modified: 02 Dec 2024 07:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14668

Actions (login required)

View Item View Item