PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023)

WAFIROH, SYIFA HIBATUL (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
5. KATA PEGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (146kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (32kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (37kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (516kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (357kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery learning berbantuan Peta Konsep terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem indera di kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental design dengan desain penelitian the matching-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras sebanyak 4 kelas yang berjumlah 142 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu XI MIPA 4 yang berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian berjumlah 16 soal. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasarat analisis menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov pada kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi 0,016 > 0,05 dan kelas kontrol 0,56 > 0,05. Uji homogenitas menggunakan uji Levene yang diperoleh nilai signifikansi 0,743 > 0,05. Hasil penelitian rata-rata skor posttest kelas eksperimen dari yang tertinggi sampai yang terendah adalah elementasi clarification sebesar 78%, advance clarification sebesar 74%, inferensi sebesar 73%, basic support 72%, strategy and tactics sebesar 71%. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai skor posttest dari yang tertinggi sampai yang terendah adalah advance clarification sebesar 66%, strategy and tactics sebear 65%, inferensi sebesar 64%, basic support sebesar 62%, elementasi clarification sebesar 61%. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample Test (uji t independen) hasil analisis memperoleh nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 bahwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Nov 2024 01:23
Last Modified: 08 Nov 2024 01:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14638

Actions (login required)

View Item View Item