WAFIROH, SYIFA HIBATUL (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (41kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (65kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
5. KATA PEGANTAR.pdf Download (88kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (146kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (39kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (32kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (37kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (31kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (118kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (516kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (357kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery learning berbantuan Peta Konsep terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem indera di kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental design dengan desain penelitian the matching-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras sebanyak 4 kelas yang berjumlah 142 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu XI MIPA 4 yang berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian berjumlah 16 soal. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasarat analisis menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov pada kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi 0,016 > 0,05 dan kelas kontrol 0,56 > 0,05. Uji homogenitas menggunakan uji Levene yang diperoleh nilai signifikansi 0,743 > 0,05. Hasil penelitian rata-rata skor posttest kelas eksperimen dari yang tertinggi sampai yang terendah adalah elementasi clarification sebesar 78%, advance clarification sebesar 74%, inferensi sebesar 73%, basic support 72%, strategy and tactics sebesar 71%. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai skor posttest dari yang tertinggi sampai yang terendah adalah advance clarification sebesar 66%, strategy and tactics sebear 65%, inferensi sebesar 64%, basic support sebesar 62%, elementasi clarification sebesar 61%. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample Test (uji t independen) hasil analisis memperoleh nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 bahwa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 01:23 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 01:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14638 |
Actions (login required)
View Item |