PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN INFOGRAFIS STATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

Kamila, Zalfa (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN INFOGRAFIS STATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[img] Text
7. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (20kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (131kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (57kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (295kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (273kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning berbantuan infografis statis lebih baik daripada yang tanpa berbantuan infografis statis pada materi penyajian data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Tasikmalaya dengan sampel penelitiannya kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan cara memperhatikan saran dari guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 5 Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematis pada materi penyajian data. Teknik analisis data menggunakan uji one sample t-test untuk menguji ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan infografis statis secara signifikan dan uji independent sample t-test untuk menguji peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan infografis lebih baik secara signifikan daripada yang tanpa berbantuan infografis statis. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan infografis memperoleh nilai n-gain sebesar 0,7055 (Tinggi) sementara peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning tanpa berbantuan infografis memperoleh nilai n-gain sebesar 0,6358 (Sedang). Kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan infografis lebih baik daripada yang tanpa berbantuan infografis statis. Kata kunci : Peningkatan, Problem Based Learning, Infografis Statis, kemampuan Literasi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Nov 2024 08:06
Last Modified: 04 Nov 2024 08:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14594

Actions (login required)

View Item View Item