HANIFA, NEILA ZAKY (2024) PEMANFAATAN WADUK DARMA SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI (Pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas XI SMA Negeri 2 Kuningan). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (164kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (74kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (178kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (185kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (261kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (666kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (525kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang pemanfaatan Waduk Darma yang terletak di Desa Jagara Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan kawasan Waduk Darma memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti sumber daya air, hutan perikanan, dan panorama alam. Adanya sumber daya alam tersebut menjadikan Waduk Darma sering dikunjungi wisatawan dan dimanfaatkan oleh pelajar TK, SD, SMP yang melakukan pembelajaran diluar kelas di Waduk Darma. Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Potensi apa yang dimiliki Waduk Darma Sebagai Sumber Belajar Geografi Pada Materi Sumber Daya Alam Di SMA Negeri 2 Kuningan (2) Bagaimana bentuk Pemanfaatan Waduk Darma Sebagai Sumber Belajar Geografi Pada Materi Sumber Daya Alam Di SMA Negeri 2 Kuningan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Waduk Darma sebagai sumber belajar geografi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi literatur. Populasi luas wilayah Waduk Darma 425 Ha dan jumlah sampel 110 responden yang terdiri dari 107 siswa SMA kelas XI IPS menggunakan teknik Simpel random sampling. Kepala Sekolah, Wakil Kepala sekolah bidang kurikulum dan pengelola menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif sederhana, yaitu dengan persentase (%) Berdasarkan pengolahan analisis data, potensi apa saja yang dimiliki Waduk Darma sebagai sumber belajar geografi yaitu sumber daya air, panorama alam, budidaya ikan, serta dukungan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kebutuhan siswa dalam belajar. Sedangkan bentuk pemanfaatan Waduk Darma sebagai sumber belajar geografi pada materi sumber daya alam di SMA Negeri 2 Kuningan yaitu sumber belajar, sarana dan prasarana pembelajaran, fieldtrip dan sebagai alat peraga nyata yang dapat secara langsung dilihat dan digunakan siswa. Kata kunci: Pemanfaatan, Waduk Darma, Sumber belajar. geografi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 06:32 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 06:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14584 |
Actions (login required)
View Item |