PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SIRAH NABAWIYAH DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN CILENDEK KOTA TASIKMALAYA

ROSILAWATI, ROSI (2024) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SIRAH NABAWIYAH DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN CILENDEK KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
5. HAL PRIBADI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (190kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (115kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (229kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (131kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (557kB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter berbasis Sirah Nabawiyah di pondok pesantren Raudlatul Muta’allimin Cilendek Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penanaman pendidikan karakter pada setiap individu santri. Tujuan pendidikan karakter berbais Sirah Nabawiyah yakni untuk membentuk karakter santri berdasarkan keteladanan yang di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa triangulasi yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa metode yang digunakan dalam pendidikan karakter berbasis Sirah Nabawiyah di pondok pesantren Raudlatul Muta’allimin Cilendek ini di lakukan dengan menggunakan metode keteladanan Nabi Muhammad melalui kisah-kisah atau sejarah Nabi Muhammad, pembiasaan dan pemberian nasehat/arahan. Adapun implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Sirah Nabawiyah yakni ada tujuh pendidikan karakter diantaranya: religius, ikhlas, disiplin, sabar, kejujuran, tanggung jawab, dan mandiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan kaakter terbagi menjadi dua yakni faktor intern, dan faktor ekstern. Dengan penerapan pendidikan karakter berbasis sirah nabawiyah di pondok pesantren Raudlatul Muta’allimin Cilendek dapat membentuk karakter santri yang bermoral dan beralhlakul karimah sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Kata Kunci : Pendidikan, Karakter, Sirah Nabawiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:13
Last Modified: 15 Oct 2024 04:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14516

Actions (login required)

View Item View Item