ROSILAWATI, ROSI (2024) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SIRAH NABAWIYAH DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN CILENDEK KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (97kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (268kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (262kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (173kB) |
|
Text
5. HAL PRIBADI.pdf Download (79kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (190kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (115kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (136kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (229kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (131kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Download (557kB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter berbasis Sirah Nabawiyah di pondok pesantren Raudlatul Muta’allimin Cilendek Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penanaman pendidikan karakter pada setiap individu santri. Tujuan pendidikan karakter berbais Sirah Nabawiyah yakni untuk membentuk karakter santri berdasarkan keteladanan yang di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa triangulasi yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa metode yang digunakan dalam pendidikan karakter berbasis Sirah Nabawiyah di pondok pesantren Raudlatul Muta’allimin Cilendek ini di lakukan dengan menggunakan metode keteladanan Nabi Muhammad melalui kisah-kisah atau sejarah Nabi Muhammad, pembiasaan dan pemberian nasehat/arahan. Adapun implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Sirah Nabawiyah yakni ada tujuh pendidikan karakter diantaranya: religius, ikhlas, disiplin, sabar, kejujuran, tanggung jawab, dan mandiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan kaakter terbagi menjadi dua yakni faktor intern, dan faktor ekstern. Dengan penerapan pendidikan karakter berbasis sirah nabawiyah di pondok pesantren Raudlatul Muta’allimin Cilendek dapat membentuk karakter santri yang bermoral dan beralhlakul karimah sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Kata Kunci : Pendidikan, Karakter, Sirah Nabawiyah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:13 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14516 |
Actions (login required)
View Item |