PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI TIRANI MATAHARI TERBIT DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2023/2024

SUGIARTI, YENI NURAENI (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI TIRANI MATAHARI TERBIT DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (662kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (5kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (132kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (7kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (171kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (132kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
14. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI IPS 2 SMAN 2 Tasikmalaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya terobosan baru dalam pembelajaran Sejarah agar pembelajaran lebih interaktif dan peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian naturalistik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa triangulasi yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan penggunaan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN 2 Tasikmalaya dimulai dengan pembuatan bahan ajar yakni modul ajar, materi ajar, powerpoint, mempersiapkan lembar kerja peserta didik (LKPD), mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), memberikan instruksi untuk membaca materi bagi peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan terdiri dari 3 pertemuan sesuai sintak model pembelajaran project based learning yakni menentukan pertanyaan mendasar, perancangan proyek, penyusunan jadwal, monitoring kemajuan proyek, pengujian hasil proyek dan pengevaluasian pengalaman. Peserta didik membuat beberapa hasil karya proyek berupa scrapbook, infografis, quiziz, dan game. Dampak dari penggunaan model pembelajaran project based learning peserta didik lebih berpartisipasi aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hasil asesmen berupa penilaian pengetahuan, sikap serta keterampilan menunjukan hasil nilai yang baik dan berada di atas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada pembelajaran Sejarah di SMAN 2 Tasikmalaya. Kata kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Pembelajaran Sejarah, Proyek Hasil Karya Peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:38
Last Modified: 14 Oct 2024 04:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14507

Actions (login required)

View Item View Item