PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE-BASED LEARNING (RBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

OKTAPIANI, ANISA NURTRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE-BASED LEARNING (RBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (16kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
5 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
6 HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
8 KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[img] Text
9 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (76kB)
[img] Text
10 DAFTAR ISI -DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
11 BAB 1.pdf

Download (95kB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (579kB)
[img] Text
13 BAB 3.pdf

Download (464kB)
[img] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
18 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang dilihat dari nilai SAS fisika memiliki nilai rata-rata 37,1. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan 34 peserta didik menggunakan angket mendapatkan hasil bahwa 82,4% peserta didik tidak memahami mekanisme efek rumah kaca. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Resource-Based Learning (RBL). Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh model pembelajaran Resource-Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan design penelitian pretest-posttest design. Populasi penelitian ini semua kelas X di SMAN 3 Ciamis yang berjumlah 11 kelas dengan jumlah peserta didik 373. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas X.E-4 dan X.E-5. Kelas X.E-4 digunakan sebagai kelas kontrol dan kelas X.E-5 digunakan sebagai kelas eksperimen. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 28 butir pada materi pemanasan global. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 11 Oct 2024 09:28
Last Modified: 11 Oct 2024 09:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14500

Actions (login required)

View Item View Item