ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN KESALAHAN KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

AFIFAH, SEFIA SITI (2024) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN KESALAHAN KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (14kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (316kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (114kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan kesalahan Kastolan yang ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent. Metode penelitan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode eksploratif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX C SMP Negeri 1 Cikoneng. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes HOTS, penyebaran angket gaya kognitif dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes HOTS dan angket gaya kognitif. Subjek dalam penelitian ini diambil dari peserta didik kelas IX C tahun ajaran 2023/2024 SMP Negeri 1 Cikoneng. Pemilihan subjek didasarkan pada peserta didik yang menyelesaikan seluruh soal HOTS dan melakukan kesalahan Kastolan untuk setiap gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent, serta dapat berkomunikasi dengan baik untuk diwawancarai. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat subjek dengan gaya kognitif Field Dependent melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal HOTS yaitu kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Subjek melakukan kesalahan konseptual yaitu subjek salah dalam memilih konsep penyelesaian yang digunakan dalam menjawab soal. Penyebab subjek melakukan kesalahan konseptual yaitu kurang memahami konsep yang terkait dengan materi peluang sehingga belum paham dan bingung bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut sampai akhir sehingga subjek mengalami kesalahan konseptual. Kemudian subjek melakukan kesalahan prosedural yaitu subjek tidak menuliskan informasi apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal dan subjek tidak mampu menyusun langkah yang dibutuhkan untuk menjawab soal. Penyebab dari kesalahan prosedural tersebut terjadi karena subjek tidak mampu menyusun langkah yang dibutuhkan untuk menjawab soal. Subjek dengan gaya kognitif Field Independent melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal HOTS yaitu kesalahan teknik. Subjek melakukan kesalahan teknik karena mengalami kesalahan dalam proses penyelesaian operasi hitung, meskipun sudah mengetahui cara menyelesaikan sampai jawaban akhir karena hasil perhitungannya salah menjadikan penentuan jawaban akhirnya pun salah. Kata kunci: Kesalahan Kastolan, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:36
Last Modified: 09 Oct 2024 02:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14472

Actions (login required)

View Item View Item